HP Radiasi Tinggi, Siapa Peringkat Pertama?

HP Radiasi Tinggi
Ilustrasi menggunakan smartphone. Foto: Jenny Kane/AP Photo

ACEHINDEPENDENT.COMSebuah studi baru memuat 10 handphone (HP) yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar tersebut diisi oleh sejumlah merek smartphone dunia, mulai dari Google, Motorola, Sony, hingga Oppo.

Laporan riset ini dibuat oleh Bankless Times. Analisisnya turut menyertakan koleksi data dari Federal Office for Radiation Protection di Jerman.

Bacaan Lainnya

Metode yang dipakai periset untuk mengukur radiasi frekuensi radio (radio frequency/RF) berdasarkan tingkat absorpsi spesifik (specific absorption rate/SAR). Ini merupakan ukuran jumlah gelombang medan elektromagnetik frekuensi radio (RF-EMF) yang diserap oleh tubuh saat menggunakan smartphone dan alat lain.

Hasil analisisnya tercantum dalam satuan watt per kilogram (W/Kg).

Berdasarkan studi Bankless Times, Motorola Edge menjadi smartphone dengan radiasi tertinggi dalam daftar. Radiasi HP Motorola itu memiliki nilai SAR 1,79 W/Kg.

Radiasi HP tertinggi di bawah Motorola Edge adalah ZTE Axon 11 5G dan OnePlus 6T. Keduanya mencatat masing-masing SAR 1,59 W/Kg dan SAR 1,55 W/Kg. Daftar lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

10 HP dengan Radiasi Tinggi
Motorola Edge: SAR 1,79 W/Kg
ZTE Axon 11 5G: SAR 1,59 W/Kg
OnePlus 6T: SAR 1,55 W/Kg
Sony Xperia XA2 Plus: SAR 1,41 W/Kg
Google Pixel 3XL: SAR 1,39 W/Kg
Google Pixel 4a: SAR 1,37 W/Kg
Oppo Reno 5 5G: SAR 1,37 W/Kg
Sony Xperia XZ1 Compact: SAR 1,36 W/Kg
Google Pixel 3: SAR 1,33 W/Kg
OnePlus 6: SAR 1,33 W/Kg
Daftar 10 HP dengan Radiasi Tinggi, Siapa Peringkat Pertama? (1)

Gadget Google mendominasi dalam daftar HP dengan radiasi tertinggi. Perusahaan menyumbang tiga model Google Pixel, yakni Pixel 3 XL di urutan kelima, diikuti Pixel 4a di bawahnya, kemudian Pixel 3 di peringkat sembilan yang nilai SAR-nya sama dengan OnePlus 6.

Sebagai catatan, setiap negara memiliki batas maksimal SAR untuk perangkat seluler yang diizinkan. Amerika Serikat, misalnya, regulator telekomunikasi di sana atau Federal Communications Commission (FCC) menetapkan batas maksimal SAR pada HP di angka 1,6 W/Kg, dengan Motorola Edge menjadi satu-satunya HP dalam daftar yang melewati regulasi FCC.

Riset Bankless Times menyatakan HP tersebut melepas beberapa radiasi, dengan faktor yang menentukan terdiri dari jenis perangkat, model, usia, hingga seberapa kuat antenanya. Jarak HP dari menara seluler terdekat juga disinggung.

HP yang memancarkan radiasi RF umumnya hanya menghangatkan area tubuh yang berada tepat di sebelahnya, dan tidak cukup menghangatkan tubuh secara signifikan. Laporannya juga menyebut bahwa belum ada bukti radiasi tersebut dapat melukai atau mengganggu kesehatan manusia.

Pendapat serupa juga disampaikan FCC. Mereka mengatakan belum ada bukti radiasi HP berdampak pada masalah kesehatan manusia.

“Tidak ada bukti ilmiah yang konsisten atau kredibel tentang masalah kesehatan yang disebabkan oleh paparan energi frekuensi radio yang dipancarkan oleh ponsel,” kata FCC, seperti dikutip AndroidCentral

sumber : kumparan.com

tags : # ADAAPAHARIINI  # handphone 

Pos terkait