Motivasi instrinsik

Motivasi
Oleh Lenny Anita, S.Pd.I Guru PAI SMP Negeri 7 Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur

Menurut sardiman (2014:89) bahwa Motivasi instrinsik merupakan motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu di rangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Maksudnya bahwa motivasi instrinsik merupakan dorongan yang sudah ada dan tertanam di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Misalnya dalam proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, ada diantara peserta didik yang memang memiliki bakat untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh tanpa ada nya paksaan dari guru yang tentu nya hal ini merupakan sesuatu yang disenangi oleh dirinya, tak dapat dipungkiri bahwa motivasi instrinsik ini tumbuh karena adanya ketertarikan atau daya tarik tersendiri baik itu tumbuh dari hal dimana peserta didik mengagumi guru tersebut atau memang peserta didik menyukai materi terkait, dan bahkan peserta didik tersebut menginginkan suatu keberhasilan yang lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana seorang guru dapat menumbuhkan motivasi instrinsik pada diri peserta didik nya? Tentu saja dengan memperlakukannya dengan baik, bagaimana caranya? Nah, jadikan peserta didik sebagai bagian yang ada pada diri kita. Tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya kita inginkan dan kita galakkan terhadap pembelajaran, dan renungkan pembelajaran seperti apa yang kita sukai agar pembelajaran mudah kita serap. Artinya bahwa, jika kita paham proses pembelajaran seperti apa yang kita galakkan tentulah kita juga paham akan pembelajaran yang diinginkan oleh peserta didik kita. Maka dari itu seorang guru perlu memahami karakter yang ada pada peserta didiknya dan membumbui pembelajaran dengan berbagai metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan disampaikan agar motivasi instrinsik yang ada pada diri peserta didik akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik, yang hal ini akan menjadikan peserta didik tersebut semakin terdorong dalam mengikuti proses pembelajaran Bersama guru di kelas. Hal ini dapat diumpamakan sebagai proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan proses pembelajaran yang menyenangkan seperti penggunaan media pembelajaran berupa gambar atau poster pada materi hormat kepada orang tua dan guru, dimana peserta didik akan diminta untuk mendeskripsikan terkait gambar anak yang bersalaman dengan orang tua Ketika hendak berangkat kesekolah.

Bacaan Lainnya

Motivasi instrinsik ini juga bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya peserta didik, dimana peserta didik akan terdorong dan lebih mudah dalam meraih peningkatan hasil belajarnya karena proses pembelajaran yang dilalui bukanlah karena keterpaksaan melainkan kesadaran yang memang sudah ada pada dirinya.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi instrinsik ini dapat dikatan sebagai suatu dorongan yang ada pada diri peserta didik untuk meraih keberhasilan yang lebih baik di masa yang akan datang. (red/mu)

 

AI

Pos terkait