Rutin Jalan Kaki Tiap Hari, Ini Reaksi Pada Tubuh

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K) (Foto: SS Tangkapan World Heart Day 2023)
Jalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Olahraga ini juga termasuk mudah lantaran tak memerlukan peralatan khusus.

Meskipun sederhana, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho, salah satunya pada organ jantung. Apa alasannya?

Bacaan Lainnya

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K), mengatakan, ketika seseorang berjalan kaki, otot kaki akan memerlukan oksigen untuk bergerak. Dengan pemakaian oksigen yang terus-menerus, jantung menjadi terpacu untuk mencukupi oksigen tersebut dan membuatnya lama-lama terlatih.

“Mangkanya dia dikatakan dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Kardio adalah jantung, respirasi adalah pernapasan. Sehingga kebugaran sistem kebugaran jantung dan pernapasan akan meningkat karena adanya metabolisme aerobik yang kita lakukan terus-menerus,” ucapnya dalam Webinar World Heart Day 2023 di detikcom, Selasa (26/9/2023).

Selain itu, berjalan kaki sebanyak 6 ribu sampai 9 ribu langkah sehari juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

“Kita harus mulai bahkan dengan aktivitas yang paling ringan sekalipun even itu olahraga seperti berjalan kaki, tapi minimal kerjakan lah secara repetitif dalam seminggu,” sambungnya.

Menurut dr Dwita, jalan kaki sangat cocok bagi individu yang kurang aktif alias mageran. Olahraga ini bisa dilakukan 3 kali sampai 7 kali seminggu dengan durasi 20-30 menit.

Sumber : detik.com

Pos terkait