Sperma Sehat, Pria Wajib Tahu 5 Tipsnya

  • Whatsapp
Sperma Sehat
Foto: Reuters

ACEHINDEPENDENT.COM, Memiliki sperma yang sehat merupakan salah satu indikator kesuburan pria. Hal ini penting jika Anda ingin memiliki anak dengan pasangan.

Menurut Mayo Clinic, tidak semua pria mempunyai ciri-ciri sperma yang baik atau sehat. Ada banyak faktor yang memengaruhi, misalnya gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu terjadinya infertilitas pada pria.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah beberapa cara memiliki sperma sehat, dikutip dari berbagai sumber:

1. Jaga berat badan

Studi menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan kualitas sperma, mobilitas, konsentrasi, hingga kesehatan seseorang. Karena itu, jaga berat badan tetap ideal agar yang Anda hasilkan juga sehat

2. Hindari celana ketat

Mengutip SehatQ, menggunakan celana dalam, boxer, hingga celana yang terlalu ketat tidak baik untuk kesehatan sperma. Bahkan, pria disarankan untuk tidak pakai celana dalam saat tidur agar bisa memiliki sperma sehat.

3. Rajin olahraga

Tak hanya menjaga berat badan, rajin berolahraga dan menjalani hidup sehat dapat membantu meningkatkan jumlah sperma kamu. Sebuah studi menunjukkan olahraga angkat beban menjadi salah satu olahraga yang dapat membantu kesehatan sperma.

4. Hindari polusi

Radiasi juga bisa menyebabkan abnormalitas pada kondisi tubuh, seperti cacat lahir ataupun gangguan lainnya. Hal yang sama berlaku pada sperma.

Bentuk polusi lain seperti merkuri, pestisida, polychlorinated biphenyls dan lainnya juga disebut-sebut berpengaruh terhadap kualitas sperma.

5. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat berpengaruh terhadap pergerakan sperma dan juga kesehatan sperma secara keseluruhan. Menurut penelitian tahun 2016, pria yang aktif merokok memiliki kualitas sperma yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak merokok.

sumber : cnbcindonesia

Pos terkait